Kegiatan Penyuluhan Generasi Berencana di Kecamatan Essang

Essang – Remaja adalah harapan dan penerus suatu bangsa. Bangsa dengan karakter remaja yang kuat dan memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang baik akan menjadikan negara tersebut kuat pula. Oleh karena itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai institusi yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan terhadap remaja di Kabupaten Kepulauan Talaud, terus berupaya untuk mensosialisasikan Program Generasi Berencana (GenRe) karena remaja sangat rentan dengan permasalahan-permasalahan seperti, putus sekolah, masalah seksualitas (hamil diluar nikah) serta penyalahgunaan minuman keras dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya).

Kepala Dinas bersama Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB sebagai Narasumber dalam Kegiatan Penyuluhan Program Bangga Kencana Bagi Generasi Berencana di Kecamatan Essang

Pada hari Jumat, 25 September 2020, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan Kegiatan Penyuluhan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Kecamatan Essang yang berlokasi di Aula Gereja Bukit Sion Germita Essang. Peserta yang hadir adalah Remaja bersama Pengurus Remaja Gereja. Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (Ibu Meyke Maatuil, S.Kep, NS, MM) menyajikan materi tentang Generasi Berencana (GenRe) dan Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (Ibu Martji Leong, S.Kep, NS, M.MKes) menyajikan materi tentang Narkoba Pembunuh Karakter Bangsa.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB memberikan hadiah kepada salah seorang peserta kegiatan yang mampu menjawab quiz dari materi yang sudah diberikan

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 juga dilakukan dengan menyediakan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu, mewajibkan seluruh peserta memakai masker serta mengatur jarak tempat duduk bagi peserta kegiatan.

Peserta Kegiatan Penyuluhan

Sumber pembiayaan kegiatan ini berasal dari Dana DAK Non Fisik yang dikenal dengan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Tahun Anggaran 2020. Melalui kegiatan ini, diharapkan para remaja dapat lebih mengenal tentang dirinya sehingga dia mampu untuk tidak terjebak pada hal-hal yang dapat merugikan diri dan keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *